Bukan Gelombang Panas, Ini Penyebab Cuaca Panas yang Melanda Indonesia

Ini Penyebab Cuaca Panas yang Melanda Indonesia

Viral di media sosial orang-orang yang mengeluhkan cuaca panas yang melanda Indonesia beberapa akhir terakhir. Di beberapa wilayah Asia, seperti India dan Thailand memang sedang dilanda gelombang panas. Bahkan, suhu di sana mencapai lebih dari 50 derajat celcius.

Namun, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menginformasikan penyebab cuaca panas di Indonesia tidak termasuk gelombang panas yang terjadi di wilayah Asia lainnya. Lantas, apa yang dimaksud fenomena cuaca panas di Indonesia dan penyebabnya?

Fenomena Cuaca Panas di Indonesia

Melansir dari situs resmi  BMKG, suhu panas yang terjadi di Indonesia merupakan fenomena akibat gerak semu matahari. Di mana, ini adalah suatu siklus yang biasa dan bisa terjadi secara berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Indonesia tidak termasuk wilayah yang terkena fenomena gelombang panas. Hal ini karena suhu panas di sini termasuk dalam kategori biasa dan bisa terjadi secara berulang.

Sedangkan, faktor terjadinya gelombang panas yang terjadi di beberapa wilayah Asia salah satunya diakibatkan suhu maksimum harian suatu wilayah yang melebihi ambang batas statistik.

Fenomena gelombang panas itu juga bisa terjadi selama lima hari berturut-turut atau bahkan lebih. Dengan begitu, Indonesia tidak termasuk wilayah Asia yang terkena fenomena gelombang panas.

Penyebab Cuaca Panas di Indonesia

BMKG menyebutkan bahwa ada lima penyebab terjadi cuaca  panas di Indonesia. Berikut poin-poinnya.

  1. Gerak semu matahari yang terjadi setiap tahun, di mana ini semakin menambah lonjakan suhu panas di beberapa wilayah seperti sub-kontinen Asia Selatan, kawasan Indochina serta Asia Timur pada tahun 2023 ini.
  2. Terjadinya dinamika atmosfer tidak biasa di seluruh wilayah Asia, termasuk di Indonesia.
  3. Tren pemanasan global dan perubahan iklim ekstrem yang membuat gelombang panas sering terjadi.
  4. Terdapat dominasi monsun Australia, di mana Indoneisa memasuki musim kemarau.
  5. Adanya intensitas radiasi matahari maksimum pada kondisi cuaca yang cerah dan tutupan awan yang juga kurang.

Itulah beberapa penyebab cuaca panas di Indonesia yang dilansir dari BMKG. Agar kondisi tubuh tetap fit di cuaca panas yang ekstrem, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa tips di antaranya minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi, memakai baju berbahan ringan dan longgar, hindari kontak langsung dengan sinar matahari dan sebagainya.

Jika ingin tahu berita viral, tips bermanfaat, rekomendasi film dan informasi menarik lainnya, langsung saja kunjungi portal berita satuviral.com. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan