Tips Cerdas Mengatasi Laptop yang Sering Ngehang

Baca Brita – Siapa yang laptopnya kerap hadapi hang ataupun ngehang? Perihal ini ialah salah satu permasalahan klasik laptop. Umumnya, banyak ditemukan pada laptop yang telah berusia serta kerap dipakai buat melaksanakan program- program yang sangat berat.

Laptop yang hadapi hang jadi ciri kalau sistem di dalamnya lagi bermasalah. Bila telah semacam itu, seluruh pekerjaan ataupun aktivitas di depan laptop dapat terhambat.

Nah, postingan kali ini hendak membahas gimana metode membetulkan laptop hang tanpa butuh membawanya ke tempat servis. Penasaran? Ikuti panduan di dasar ini hingga tuntas, ya!

Metode Menanggulangi Laptop yang Hang

Hapus BIOS Cache

Metode awal buat membetulkan laptop hang serta dapat dikatakan sangat efisien yakni dengan lewat BIOS. Berikut langkah- langkahnya.

  • Ketika hang, lekas jalani‘ Restart’ laptop. Bila tidak dapat, jalani‘ Force Shutdown’ dengan memencet serta menahan tombol power.
  • Setelah mati, nyalakan kembali laptop serta lekas masuk ke BIOS. Terdapat sebagian metode buat masuk ke BIOS, di antara lain memakai F12, F11, F8, F2 ataupun tombol lain cocok merek laptop.
  • Jika telah sukses masuk, silakan seleksi menu‘ Advanced BIOS Features’.
  • Cari yang terdapat kaitannya dengan‘ BIOS Cache’. Setelah itu disable.
  • Terakhir, simpan kemudian klik‘ Enter’ serta nyalakan lagi laptop.

Metode satu ini pula umumnya digunakan selaku salah satu metode menanggulangi laptop yang hang kala dinyalakan.

End Task Window

Bila hang yang laptop natural ialah not responding, hingga pakai metode di dasar ini( buat Windows 10):

  • Tekan bertepatan tombol‘ Shift+CTRL+Esc’ ataupun‘ CTRL+Alt+Del’.
  • Setelah masuk ke Task Manager, tekan‘ End Task’ pada program yang hadapi not responding.

Umumnya, sehabis melaksanakan metode di atas, laptop hendak kembali berjalan wajar. Tetapi, bila masih ngehang, bisa jadi saja persoalannya terdapat pada program yang rusak ataupun laptop tidak kokoh. Apabila perihal ini terjalin, hingga lekas hentikan saat sebelum mengganggu bagian laptop yang lain.

Install Antivirus

Salah satu pemicu laptong hang yakni berasal dari virus yang terdapat pada laptop. Virus tersebut umumnya tiba dari flashdisk ataupun unduh suatu di internet dengan sumber yang tidak jelas.

Apabila virus telah menyebar, laptop hendak kerap lemot ataupun hadapi hang. Oleh sebab itu, lengkapi laptop dengan menginstall Antivirus. Di antara lain McAfee, MalwareBytes, SmadaV, serta sebagainya.

Seperti itu sebagian metode buat membetulkan laptop hang tanpa wajib berangkat ke tempat servis. Mudah- mudahan pembahasan ini dapat membagikan khasiat, ya!

Tinggalkan Balasan