Mengungkap Fakta Seputar Ciri-ciri Resi Palsu dan Cara Melaporkannya

ciri-ciri resi palsu
source: 1.bp.blogspot.com

Bagi kamu yang selama ini selalu memenuhi kebutuhan dengan berbelanja di toko online harus tetap waspada dalam memilih toko. Hal ini karena sedang marak penjual yang curang dengan modus dalam menginput data nomor resi palsu sehingga seperti benar-benar mengirim barang kepada pembeli.

Nomor Resi palsu merupakan perpaduan angka yang dimanupalasi oleh pedagang curang dengan tujuan membohongi pembelinya dalam pengiriman barang. Dalam hal ini, sudah banyak pembeli yang mengalami kasus penipuan oini.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri resi palsu berikut ini agar bisa menghindari kasus penipuan ini.

Ciri-ciri Resi Palsu

  • Resi terdiri dari kombinasi dan jumlah angka yang berbeda dari resi asli jasa ekspedisi
  • Saat kamu melakukan Lacak Resi, maka akan muncul peringatan “no result found for 8888 (untuk J&T) dan “not found” (untuk JNE)
  • Barang tidak akan pernah sampai
  • Resi tidak akan kamu temukan ketika tracking di jasa ekspedisi

Jika kamu menjadi salah satu korban penipuan di toko online seperti memberikan nomor resi yang palsu, maka kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Melaporkan Kasus Resi Palsu di Bukalapak dan Shopee

Cara Melaporkan Resi Palsu di Bukalapak

Jika kamu mengalami kasus penipuan terkait nomor Lacak Paket atau resi palsu saat berbelanja di Bukalapak, kamu bisa menghubungi pihak Bukalapak melalui cara berikut ini.

Bukalah tautan menghubungi Pelapak dan pilihlah kategori transaksi pembelian. Kemudian, pilihlah nomor 3 (pesanan belum sampai ke pelanggan) atau nomor 4 (resi tidak update/tidak valid).

Selanjutnya, isi nomor transaksimu yang memperoleh resi palsu dan lengkapi data sesuai dengan akun di Bukalapak dan memasukan email karena pihak Bukalapak akan menghubungi melalui email.

Jangan lupa isi keluhan yang kamu alami dan masukan dalam laporan nomor resi palsu. Kamu hanya perlu menunggu balasan dari tim Bukapalak.

Cara Melaporkan Resi Palsu di Shopee

Ketika setelah Cek Resi dari pedangang Shopee dan ternyata resi tersebut palsu, kamu bisa melaporkannya kepada pihak Shopee melalui beberapa cara seperti fanpage Shopee di FB Shopee, email di support@shopee.co.id atau telepon di 1500702 dan (021)39500300.

Sebagai upaya untuk menghindari kejadian ini, pastikan kamu memilih Shipper sehingga kamu tidak akan pernah mendapat nomor resi palsu karena Shipper sudah terpercaya dan mempunyai reputasi baik di mata masyarakat.

Bagi para pelaku bisnis, Shipper merupakan solusi logistik digital untuk bisnismu. Dengan meningkatkan efisiensi, bisnis online jauh lebih berkembang bersama solusi dan teknologi dari Shipper.

Kini, kamu bisa melakukan cek JNE, SiCepat, J&T, Anteraja, TIKI, Wahana, Lion Parcel. Selain itu, kamu juga dapat melakukan Cek Paket seperti cek JNE tracking, tracking JNE YES,  tracking JNE Reguler, tracking JNE trucking, dan jasa ekspedisi lainnya melalui fitur tracking di Shipper.

Shipper memang akan memudahkanmu dalam Cek Resi hingga memasukkan 10 kode dan mengetahui status semua pengiriman paket. Untuk informasi lebih lengkap mengenai resi paket, kamu bisa mengunjungi shipper.id. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan