Ingin Baterai Ponsel Awet? Berikut Cara Charge Ponsel yang Benar

cara charge ponsel yang benar
source: akcdn.detik.net.id

Baca Brita – Ponsel atau smartphone saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar orang di seluruh dunia. Namun, kebutuhan ini tidak hanya terbatas pada penggunaannya, melainkan juga pada pengisian daya atau charging.

Pengisian daya yang salah dapat memperpendek umur baterai dan bahkan merusak ponsel itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara charge ponsel yang benar. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengisi daya ponsel dengan benar.

Gunakan Charger Asli atau Resmi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan charger asli atau resmi. Meskipun charger palsu lebih murah, mereka dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel atau baterai.

Charger asli atau resmi sudah disesuaikan dengan jenis ponsel dan baterainya, sehingga pengisian daya akan berjalan dengan baik dan aman. Sebaiknya hindari meminjam charger orang lain, terutama jika mereka menggunakan merek yang berbeda dengan ponsel Anda.

Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Pengisian daya berlebihan dapat memperpendek umur baterai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengisi daya ponsel terlalu lama. Setelah baterai penuh, lepaskan charger dari colokan listrik dan ponsel.

Pengisian daya yang ideal adalah hingga 80% atau maksimal 90% dari kapasitas baterai. Namun, beberapa ponsel modern memiliki fitur pengisian daya yang lebih pintar dan dapat mengatur proses pengisian daya secara otomatis sehingga aman dan efisien.

Hindari Pengisian Daya Saat Ponsel Digunakan

Saat penggunaan ponsel, suhu baterai akan naik dan bisa mempengaruhi proses pengisian daya. Oleh karena itu, hindari mengisi daya ponsel saat sedang digunakan.

Sebaiknya Anda matikan ponsel saat mengisi daya agar proses pengisian daya berjalan dengan optimal. Jika ponsel harus tetap digunakan, pastikan suhu baterai tidak terlalu tinggi dan jangan biarkan baterai terlalu kosong sebelum mengisi daya.

Hindari Pengisian Daya Saat Tidur

Meskipun praktis, mengisi daya ponsel saat tidur dapat memperpendek umur baterai. Hal ini karena pengisian daya yang berlebihan dan penggunaan ponsel pada suhu baterai yang tinggi.

Sebaiknya Anda mengisi daya ponsel saat bangun tidur dan melepas charger saat baterai penuh. Selain itu, pastikan tempat pengisian daya terpisah dari tempat tidur untuk menghindari risiko kebakaran atau konsleting.

Gunakan Kabel yang Baik

Kabel penghubung antara charger dan ponsel juga sangat penting dalam proses pengisian daya. Kabel yang rusak atau tidak sesuai dengan jenis ponsel dan charger dapat menyebabkan kerusakan pada baterai atau ponsel.

Sebaiknya gunakan kabel yang asli atau resmi yang disediakan oleh pabrik ponsel. Jangan menggunakan kabel yang rusak atau kabel yang dibeli dari pihak ketiga yang tidak terpercaya. Jangan pula meminjam kabel dari orang lain karena setiap ponsel membutuhkan kabel yang sesuai dengan jenis dan merek ponsel yang digunakan.

Hindari Pengisian Daya Cepat yang Terlalu Sering

Pengisian daya cepat memang mempercepat proses pengisian baterai, namun pengisian daya cepat yang terlalu sering dapat memperpendek umur baterai.

Ponsel modern memiliki fitur pengisian daya cepat, tetapi sebaiknya Anda hanya menggunakannya ketika benar-benar diperlukan seperti saat keadaan darurat atau ketika ingin mengisi daya cepat sebelum pergi ke suatu tempat.

Jangan Biarkan Baterai Terlalu Kosong

Penggunaan ponsel yang terlalu sering dan terus menerus tanpa pengisian daya dapat membuat baterai ponsel cepat habis. Namun, jangan biarkan baterai terlalu kosong sebelum Anda mengisi daya.

Sebaiknya Anda mengisi daya ponsel setelah baterai mencapai 20% hingga 30% sisa daya. Jangan menunggu sampai baterai ponsel terlalu kosong sebab hal tersebut dapat memperpendek umur baterai dan menyebabkan kerusakan pada ponsel.

Periksa Kondisi Baterai Secara Berkala

Sebagai pengguna ponsel, Anda perlu memperhatikan kondisi baterai secara berkala. Pastikan baterai tidak terlalu panas saat digunakan atau diisi daya. Selain itu, pastikan baterai tidak mengalami pembengkakan atau ada tanda-tanda kerusakan lainnya.

Jika Anda menemukan masalah pada baterai, segera ganti baterai atau pergi ke pusat servis terdekat untuk memeriksa masalah yang terjadi.

Kesimpulan

Pengisian daya ponsel yang benar sangat penting untuk memperpanjang umur baterai dan mencegah kerusakan pada ponsel itu sendiri. Sebagai pengguna ponsel, Anda harus menggunakan charger asli atau resmi, hindari pengisian daya berlebihan, hindari pengisian daya saat ponsel digunakan atau saat tidur, gunakan kabel yang baik, hindari pengisian daya cepat yang terlalu sering, jangan biarkan baterai terlalu kosong, dan periksa kondisi baterai secara berkala.

Dengan menerapkan tips tersebut, Anda dapat memastikan bahwa pengisian daya ponsel dilakukan dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan