Pengalaman Menggunakan Simulasi Investasi dan IPOT Buzz dari Indo Premier Sekuritas Tanpa Registrasi

Review fitur terbaru IPOT

Pada era digital seperti saat ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Salah satu kemudahan tersebut adalah melakukan investasi keuangan.

Salah satu instrumen investasi yang sedang booming sekarang ini adalah saham. Sangat banyak pemula mencoba melakukan jual beli saham menggunakan berbagai aplikasi investasi dari sekuritas.

IPOT dari Indo Premier Sekuritas adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh investor pemula.

Aplikasi IPOT yang punya tagline #PakeAjaDulu ini sangat cocok untuk investor pemula yang masih belajar saham.

IPOT banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap dan aplikasinya yang mudah digunakan.

Berbagai fitur lengkap itu memberikan banyak bantuan indikator kepada investor untuk memutuskan dalam mengeksekusi penjualan dan pembelian saham.

Beberapa waktu belakangan ini, IPOT meluncurkan dua fitur baru, yaitu Simulasi Investasi dan IPOT Buzz.

Review Simulasi Investasi dari IPOT Tanpa Registrasi

Review Simulasi Investasi IPOT

Sebagai investor pemula, saya tentu banyak mencoba aplikasi trading saham. Salah satu yang saya coba adalah IPOT dari Indo Premier Sekuritas.

Banyak fitur yang ada di aplikasi IPOT, salah satunya adalah Simulasi Investasi. Fitur di IPOT ini memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli saham tanpa registrasi terlebih dahulu.

Ketika saya mencobanya, ada beberapa temuan yang dapat saya soroti, diantaranya adalah:

1. Adanya Batasan Transaksi Maksimal

Sesuai dengan namanya, fitur ini membantu saya untuk melakukan simulasi jual/beli saham menggunakan dana virtual, tapi dengan kondisi sesuai dengan real-time market.

Tentu hal ini akan sangat membantu saya untuk melakukan latihan investasi secara langsung tanpa perlu khawatir akan mengalami kerugian.

Tapi meskipun dana virtual yang disediakan tidak terbatas, tapi baik di aplikasi maupun fitur ini saya hanya bisa melakukan transaksi maksimal 50.000 lot untuk sekali transaksi di setiap emiten saham yang menjadi pilihan.

2. Cocok untuk Semua Kalangan Investor

Hadirnya fitur Simulasi Investasi di aplikasi IPOT ini tidak hanya pas bagi kalangan pemula yang ingin mencoba investasi saham layaknya nyata saja, tapi juga untuk investor ahli maupun berpengalaman.

Bagi saya yang memang seorang investor berpengalaman, fitur ini gampang digunakan dan memudahkan saya untuk melakukan “test in the water” atau mencoba masuk ke salah satu emiten saham untuk melihat pergerakan harga.

Sedangkan bagi investor pemula, tentu saja fitur ini membantu untuk dapat membiasakan diri dalam melakukan eksekusi jual beli saham.

Barulah saat sudah siap, para investor ini bisa langsung mencoba investasi saham langsung di pasar modal dengan mental dan pengetahuan yang lebih luas.

3. Mudah Dioperasikan

Selain mudah diakses karena tanpa perlu melakukan registrasi data pribadi terlebih dahulu, fitur Simulasi Investasi di aplikasi IPOT ini juga mudah ditemukan, karena akan langsung muncul di halaman depan ketika kamu masuk dalam aplikasinya.

Namun sebaiknya jangan menjadikan fitur Simulasi Investasi sebagai satu-satunya indikator dalam melakukan transaksi jual beli saham. Oleh karena itu penting bagi seorang investor, termasuk saya untuk memperkaya diri dengan pengetahuan dan kemampuan supaya bisa menentukan keputusan investasi lebih bijaksana.

4. Terdapat Fitur Belajar Saham Penunjang

Selain itu, saya terbantu dengan banyaknya fitur penunjang untuk memperdalam kemampuan analisis yang juga dapat diakses tanpa perlu registrasi.

Mulai dari fitur chart untuk melihat pergerakan harga market riil, data fundamental emiten, news research yang komprehensif hingga target price.

Jadi kita tidak hanya bisa melakukan sebatas simulasi saja, namun juga memperdalam skill analisis  untuk dasar pengambilan keputusan nantinya.

Pengalaman Menggunakan Fitur IPOT Buzz di Aplikasi IPOT

aplikasi ipot

Dalam melakukan investasi saham, seringkali kita butuh sebuah forum investasi untuk mendengar saran dan masukan dari orang lain.

Bisa saja banyak investor lain yang lebih senior mau berbagi pengalaman. IPOT Buzz adalah salah satu fitur dari IPOT yang memungkinkan kita berinteraksi dengan investor pengguna IPOT lainnya.

Dalam fitur IPOT Buzz saya dapat bertukar pikiran dan informasi tentang saham melalui forum chat dengan investor lainnya.

Sama seperti fitur sebelumnya, ada beberapa poin keunggulan IPOT Buzz yang saya rasakan sehingga layak untuk dicoba banyak orang juga yaitu:

1. Memantau Diskusi dari Investor Lain                 

Hal yang lebih mengesankan dari IPOT Buzz adalah saya bisa memantau diskusi dan interaksi dari investor lain sesuai dengan emiten yang sedang saya incar. Contohnya, saya masuk dalam emiten BBCA, di bagian bawahnya langsung ada fitur IPOT Buzz yang membahas tentang saham BBCA tersebut.

Hal ini sangat membantu saya sebagai investor dalam melihat berbagai pandangan mengenai saham yang saya minati.

Namun untuk melakukan interaksi dan memberikan “like” harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

2. Akses Informasi yang Lengkap

Saya yakin fitur IPOT Buzz jika terus dikembangkan dengan baik, fitur IPOT Buzz ini bisa menjadi semacam social media untuk para investor baik pemula hingga ahli yang sedang belajar saham dan mendalaminya.

Sebab IPOT Buzz menghadirkan berbagai kanal informasi yang beragam mulai dari sahma, rumor, trending topics, hingga IPOT Research yang dapat pengguna pilih sesuai kebutuhan.

Ditambah terdapat opsi filter sehingga saya bisa menyortir informasi hanya sesuai yang saya butuhkan agar lebih hemat waktu.

Sebagai salah satu aplikasi trading saham terbesar di Indonesia, IPOT telah berkembang ke arah yang benar dengan mengembangkan aplikasinya sesuai dengan kebutuhan investor.

Ingin juga merasakan pengalaman belajar saham dengan penuh kemudahan seperti ini? Yuk #PakeAjaDulu aplikasi IPOT sekarang juga!

Tinggalkan Balasan