6 Tips Mengusir Semut yang Ampuh, Wajib Coba!

Tips Mengusir Semut yang Ampuh

Anda pasti setuju jika semut menjadi salah satu serangga yang menyebalkan. Bayangkan ketika Anda habis memasak dan menaruhnya di meja makan lalu lupa untuk menutupnya, tak perlu menunggu lama hingga semut-semut hadir merubung. Masakan yang Anda buat pun beresiko untuk berakhir ke tempat sampah alih-alih disantap bersama keluarga.

Pada dasarnya semut dapat hidup di semua tempat dan berbagai kondisi. Anda bisa menemukan semut di tanah, di balik batu, bahkan di sela-sela tembok, bahkan di mesin listrik pun mereka tidak takut. Jika Anda ingin menghilangkannya, Anda bisa menggunakan berbagai cara mudah, salah satunya dengan memakai karbol.

Ya, semut bersama lalat, nyamuk, dan kecoa menjadi serangga yang tidak suka dengan karbol. Apalagi karbol yang sereh. Mereka tidak menyukai aroma dari karbol, selain itu karbol sereh juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur sehingga dapat membuat mereka tidak bergerak atau bahkan mati.

Menyiramkan karbol ke dalam sarang semut memang efektif untuk membuat mereka kapok dan menyingkir. Cairan pembersih ini pun bisa Anda temukan dengan begitu mudah di marketplace seperti Blibli.

Bagaimana Cara Mengusir Semut yang Efektif?

Ada beberapa cara menarik lainnya yang bisa ditempuh untuk membuat Anda bebas dari semut. Simak ulasan berikut ini:

1. Simpan Makanan dengan Benar 

Peraturan pertama agar semut tidak terpancing adalah dengan menyimpan makanan dengan benar. Pastikan Anda menutup panci atau wadah-wadah makanan yang ada di atas meja makan dengan penutup yang sesuai sehingga tidak ada celah yang membuat semut bisa menelusup masuk.

Jika diperlukan, akan lebih baik untuk menyimpan makanan di dalam lemari pendingin. Di sini, selain tidak bisa masuk, semut juga tidak bisa bertahan hidup karena suhunya yang rendah.

2. Tutup Lubang Semut

Ketika melihat semut muncul, Anda bisa menelusuri dari mana semut-semut tersebut berasal. Terkadang semut membuat lubang di tembok ataupun di kayu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menutup lubang-lubang itu dengan semen ataupun lem kayu (untuk di kayu). Tunggu hingga mengering dan semut-semut pun tidak muncul lagi.

3. Bersihkan Lantai dengan Karbol 

Menjaga kebersihan amat penting untuk mencegah munculnya serangga-serangga pengganggu. Hewan-hewan tersebut biasanya muncul di spot yang lembab dan kotor. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan rumah secara menyeluruh.

Selain menyapu, Anda juga disarankan untuk mengepel lantai rumah setiap hari menggunakan karbol atau cairan pembersih lantai lainnya. Rumah yang bersih dan harum tentu tidak menarik minat serangga seperti nyamuk, semut, dan juga kecoa.

4. Memakai Semprotan Khusus Serangga 

Melihat semut yang bergerombol dalam jumlah banyak tak ayal membuat kita merinding dan malas untuk membersihkannya. Semisal Anda menyapunya pun, Anda memiliki resiko akan digigit oleh semut yang merayap ke sapu dan kulit.

Jadi, selalu sedia semprotan yang diracik khusus untuk membunuh serangga. Semprotan jenis ini amat mudah ditemukan di toko-toko ataupun marketplace seperti Blibli. Cara pakainya juga simple karena Anda cukup menyemprotkan tabung yang berisi cairan khusus itu ke arah semut-semut berkumpul.

Agar tidak keracunan, sebaiknya Anda menutup hidung dan juga memakai sarung tangan plastic. Setelah disemprot, tunggu sekitar 5 menit dan biasanya semut-semut akan mati, berhenti bergerak. Selanjutnya Anda tinggal menyapu semut-semut tersebut dan membuangnya ke bak sampah.

5. Menggunakan Kapur Khusus Semut 

Tips mengusir semut selain dengan karbol atau semprotan adalah dengan kapur khusus semut. Kapur ini biasanya berwarna putih dan tidak digunakan untuk menulis di papan tulis. Kapur ini memiliki kandungan yang dapat membuat semut pusing dan akhirnya mati.

Cara memakainya tidak rumit namun Anda perlu berhati-hati. Ingat, agar tidak keracunan, Anda disarankan memakai sarung tangan sebelum menyentuh kapur khusus semut. Namun jika Anda memilih untuk menggunakan tangan telanjang, Anda harus mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Jika sudah siap, Anda bisa mencari sarang semut atau area yang ingin Anda hindari dari semut. Anda boleh membuat garis berbentuk lingkaran di luar sarang semut. Lingkaran tadi akan membuat semut terkunci dan tidak bisa keluar.

Anda juga bisa membuat garis di tembok ataupun di lantai dapur. Garis itu tentunya dapat mencegah langkah-langkah semut yang hendak menyerbu ke arah dapur.

6. Memakai Ramuan Cuka Putih

Cuka putih atau cuka masak ternyata bisa menjadi senjata efektif untuk melawan semut, khususnya semut api yang memiliki gigitan menyakitkan. Cara membuatnya sangat mudah, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 atau sebagai contoh, campurkan 50 ml air dengan 50 ml cuka putih. Kocok kedua bahan tersebut agar menyatu dan masukkan ke dalam wadah semprot.

Selanjutnya, Anda tinggal menyemprotkan ramuan tersebut ke jalur-jalur semut biasa lewat atau bahkan ke sarangnya langsung. Tunggu hingga akhirnya semut merasa tidak nyaman dan mati. Nantinya, semut-semut lain tidak akan mau melewati tembok atau lantai yang sudah disemprot ramuan cuka putih.

Nah, itu dia 6 cara mengusir semut yang bisa Anda praktekan di rumah. Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan atau peralatan yang dibutuhkan di Blibli. Selamat menciptakan rumah yang bersih, nyaman, dan bebas semut!

banner sparkle

Tinggalkan Balasan